Setiap Pixel Berarti
Aplikasi

Perbedaan antara HLOOKUP dan VLOOKUP

Microsoft excel adalah software yang paling banyak digunakan digunakan dalam membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Software ini berfungsi tidak hanya untuk menghitung angka saja tetapi juga menganalisa sejumlah data. Software ini menggunakan banyak fungsi untuk menganalisa dataset besar, fitur yang paling umum digunakan oleh para pengguna yaitu rumus VLOOKUP dan rumus HLOOKUP.

Kedua fungsi tersebut merupakan fungsi yang tersedia di dalam Microsoft excel yang memungkinkan Anda untuk mencari data dalam database dengan skala besar. “H” dalam fungsi lookup berarti memiliki arti horizontal, sedangkan V di rumus VLOOKUP excel menunjukkan arti vertical. Agar mengerti perbedaan dari kedua fungsi rumus tersebut, mari simak ulasan berikut.

Apa itu VLOOKUP?

Fungsi rumus VLOOKUP pada icrosoft excel adalah untuk mencari data atau informasi tertentu dalam spreadsheet. Contohnya, dalam mencari daftar Panjang produk, Anda dapat mencarinya mulai harga produk tertentu Bersama dengan harga produk tersebut. Berbeda dengan fungsi HLOOKUP, data biasanya digunakan saat mendaftar dalam kolom, bukan baris dan melakukan pencarian vertical diseluruh kolom table. Mencar nilai di kolom senalah kiri table dan mengembalikan nilai perkiraan kecocokan. Mungkin bisa BENAR atau SALAH.

Apa itu HLOOKUP?

Fungsi rumus HLOOKUP adalah mencari nilai secara horizontal di seluruh baris dalam table. Fungsi ini irip dengan fungsi rumus VLOOKUP jika data terdaftar dalam baris, bukan kolom. Fungsi ini enggunakan empat argument seperti berikut, Lookup_Value, Table_Array,Row_Index, dan Range_Lookup. Untuk pengembalian nilai dalam table berdasarkanpada dua argument fungsi dan dapat menggunakan angka dan baros sebagai argument. Kebenaran dalam fungsi ini berarti perkiraan nilai kecocokan, dan salah berarti kecocokan persis.

Dari kedua pengertian VLOOKUP dan HLOOKUP diatas sudah ditemukan perbedaannya. Kedua fungsi ini bertugas mencari data (lookup), mempunyai cara kerja yang sama dalam mencari data. Perbedaannya terdapat pada lokasi data yang akan dicari dan dari arah pencariannya.

Penulisan Syntax pada rumus VLOOKUP excel sebagai berikut,

Syntax: = VLOOKUP(lookuo_value, table array,col_index_num, [range_lookup])

lookup_value, diisi dengan data yang akan dicari dikolom pertama table_array

table_array, diisi dengan sebuah range yang kolom pertamanya berisi data yang dicari di lookup_value. Jumlah kolom di table_array minimal adalah 1.

col_index_num, diisi dengan posisi kolom yang akan menentukan data mana yang akan dihasilkan oleh fungsi vlookup. Posisi kolom tidak boleh melebihi jumlah kolom table_array.

range_lookup, diisi dengan nilai TRUE/FALSE. Parameter ini menentukan bagaimana cara fungsi rumus VLOOKUP encari data lookup_value dikolom pertama pada table_array.

Jika diisi TRUE maka fungsi VLOOKUP mecari data yang sama, jika tidak ditemukan maka akan menghasilkan data yang paling mendekati fungsi VLOOKUP. Jika diisi TRUE fungsi VLOOKUP akan selalu mengahsilkan sebuah nilai apapun situasi dan kondisinya,

Jika diii dengan FALSE maka fungsi VLOOKUP mencari data yang sama, jika tidak ditemukan akan menghasilkan error #N/A.

Untuk penulisan HLOOKUP sendiri, syntaxnya seperti berikut, = HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup]).

Fungsi HLOOKUP hamper mirip dengan VLOOKUP. Setelah mengerti perbedaan dari kedua fungsi tersebut, apakah Anda sudah paham.