Setiap Pixel Berarti
Properti

Perhatikan Hal ini Saat Ingin Sewa Rumah

Jika Anda belum memiliki hunian permanen tetapi ingin tinggal di tempat yang nyaman sekaligus privat, sewa rumah bisa menjadi pilihan untuk sementara. Anda dapat menyewa sebuah rumah untuk ditinggali bersama dengan keluarga. Tentu saja menyewa sebuah rumah berbeda dengan kost.

Jika kost, Anda hanya dapat menggunakan beberapa bagian rumah, dan harus berbagi fasilitas dengan para penghuni lainnya. sedangkan untuk rumah, Anda dapat menggunakan seluruh bagian rumah tanpa berbagi dengan penghuni yang tidak dikenal. Menyewa hunian cocok untuk keluarga kecil.

Di area perkantoran, tidak sedikit rumah yang disewakan, tentu saja pilihan ini begitu menggiurkan. Tetapi, jangan asal memilih rumah, karena ada berbagai macam persiapan yang harus Anda lakukan, sehingga proses menyewa dapat berjalan dengan lancar. Berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan sebelum menyewa hunian.

Siapkan Biaya Sewa

Biasanya, pembayaran sewa rumah memiliki dua pilihan yaitu pembayaran bulanan serta pembayaran tahunan. Masing-masing pembayaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan. Jika Anda ingin menyewa rumah dengan jangka pendek, tak ada salahnya memilih sistem bulanan. Namun jika ingin menempati rumah sewaan dengan durasi lama, pilih sewa secara tahunan.

Bila keduanya di kalkulasi, tentu saja sewa tahunan memiliki biaya yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan sewa bulanan. Si pemilik rumah biasanya akan memberikan sejumlah potongan jika Anda mau menyewa dengan tempo tahunan.

Sesuaikan Lokasi Rumah

Selain masalah biaya, hal berikutnya yang harus diperhatikan dengan baik ialah lokasi rumah. Hindari tergiur untuk menyewa rumah hanya karena tertarik dengan desain rumah atau bahkan harga. Lebih baik, Cari tahu terlebih dahulu seperti apa detail lokasi rumah. Apakah lokasi rumah tersebut sesuai dengan aktivitas yang rutin Anda lakukan. Contohnya rumah tersebut memiliki jarak yang dekat dengan kantor.

Apabila Anda menyewa rumah dengan lokasi tidak strategis dan tidak sesuai dengan keperluan, biaya transportasi bisa membengkak. Agar lebih mudah mencari rumah dengan lokasi yang strategis, Anda bisa melakukan pencarian secara online.

Periksa Seluruh Sudut Rumah dengan Jeli

Jika Anda telah menemukan beberapa kandidat rumah yang akan ditinggali, berikutnya ialah memeriksa kelayakannya secara teliti. Anda harus memperhatikan konstruksi bangunan, apakah bangunan tersebut tetap kuat ditinggali untuk beberapa tahun. Bila ketika survei rumah Anda menemukan dinding yang retak atau atap yang bocor, segera sampaikan kepada pemilik, agar nantinya ketika kontrak berakhir tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Teliti Seluruh Isi Kontrak

Pada dasarnya, perjanjian sewa rumah memerlukan kontrak resmi, sehingga proses serah terima dapat dilakukan dengan profesional serta tak meragukan pihak manapun. Jika Anda sudah yakin memilih salah satu rumah untuk disewa dan si pemilik sudah menyiapkan surat perjanjian sewa, baca surat tersebut dengan baik.

Pastikan Anda membaca semua isi kontrak serta memahami berbagai poin yang berkaitan dengan sewa hunian seperti tanggal harus meninggalkan rumah, biaya tambahan yang harus ditanggung, besarnya biaya sewa, prosedur penambahan durasi sewa dan yang lainnya. Hal tersebut harus dipahami dari awal agar bisa meminimalisir kerugian yang nantinya dapat terjadi.

Kegiatan memilih rumah sewaan memang menjadi PR tersendiri, apalagi bagi pasangan muda. Namun, dengan berbagai tips di atas, berbatgai masalah yang mungkin akan terjadi ke depannya dapat diminimalisir. Pastikan melakukan diskusi bersama dengan pasangan sebelum Anda memutuskan untuk sewa rumah.